Pages

November 19, 2010

Install Microsoft Office 2007 di Ubuntu dengan Play On Linux

Memang tidak dapat dipungkiri bahwa produk Microsoft lebih banyak dikenali dimasyarakat dibanding produk Open Source,..
Ya gak apa-apa la,..yang penting masih pake OS Open Source,..hehe
Kenapa dengan Play On Linux,..?? Kenapa gak pake Wine,..??
Hmm,..jawabannya karena dengan menggunakan Play On Linux lebih mudah dibanding Wine lagi pula di dalam Play On Linux sudah terdapat Wine,..
Tidak hanya itu,..kita juga dapat menginstall aplikasi Windows lainnya dengan Play On Linux seperti games, browser, dan banyak lagi yang lainnya dapat dilihat pada daftar aplikasi windows yang sudah berjalan normal di linux,..kita juga bisa menjalankan aplikasi portablenya windows dengan wine yang terdapat di Play On Linux,....
,...bengong aja,...???yukk lanjut ke caranya,...


Install Play On Linux

Untuk install Play On Linux anda bisa dowload file .deb nya, bisa menuju ke situs web resminya langsung Play On Linux. Jika anda mendownload paket .deb nya sebelum melakukan instalasi extarct dulu file download nya hingga keluar file PlayOnLinux_3.8.5.deb terus lakukan instalasi seperti biasa, melalui GDebi (klik 2x) atau kalau anda menggunakan ubuntu maverick otomatis akan menggunakan Ubuntu Software Center silahkan langsung di install atau mau pake terminal silahkan cara nya seperti ini :
Buka terminal : Applications → Accessoris → Terminal
Masuk kedirektori tempat anda menyimpan file .deb nya,...misalkan di direktori Downloads/Play On Linux

# cd /Downloads/Play\ On\ Linux

# sudo dpkg -i PlayOnLinux_3.8.5.deb

Jika anda merujuk kesitusnya langsung,..silahkan ikuti instruksi yang ada diwebsite tersebut.
Tunggu sampe selesai,...
Kalau sudah selesai buka aplikasi Play On Linux nya di
Applications → Games → Play On Linux (disarankan anda harus terhubung dengan internet) biarkan Play On Linux nya melakukan update repository dan verifikasi setiap jendela yang muncul dengan yes / I Agree untuk instalasi beberapa font yang dipakai untuk aplikasi windows dan tunggu sampai selesai.



Install Microsoft Office 2007

Setelah melakukan instalasi Play On Linux dan update barulah kita dapat melakukan instalasi Microsoft Office 2007. Siapkan master Ms. Office terserah mau asli atau bajakan,...hehehehe dan letakkan master tersebut di folder user anda (ex: /home/boery) agar memudahkan untuk penempatan lokasi nantinya.
Buka Play On Linux tadi dan klik install, pada jendela yang muncul / daftar aplikasi windows yang bisa berjalan normal di Linux pilih Office dan Microsoft Office 2007 kemudian di Apply.


Akan muncul tampilan seperti di atas,...Forward aj,....



Forward aja lagi,...



Pilih Other dan Forward Lagi,...



Pada jendela ini isikan tempat kita melakukan master Office2007,...kalo tadikan disuruh diletakkan di user ya,....jadi isikan seprti ini : /home/boery/Office2007 (untuk user_name sesuaikan dengan user_name anda, jadi kalau misalkan user_name nya adalah ksl jadi harus disesuaikan contoh /home/ksl/Office2007) dan Forward lagi akan muncul seperti dibwah ini,...


tunggu sampai keluar jendela lagi yang seperti ini :



pilih install dan tunggu sampai sampai keluar lagi jendela seperti ini,....Banyak banget ya,..???



pilih I accept the agreement dan klik next,...



pilih next lagi,...dan menunggu lagi,...sampai finish,...
bosan ah,..mending sambilan dengerin musik aj,... hehehe



dan muncul tampilan seperti ini,..Forward aj,..
sampai disini berati kita baru selesai install komponen windows di ubuntu,...
setelah itu baru lah muncul jendela seperti ini,...


lakukan instalasi seperti biasa,..
jika jendela ini tidak muncul,..kemungkinan ada beberapa kesalahan yang terjadi dengan system,..silahkan ulangi kembali ke "Install Microsoft Office 2007",...ingat pastikan nama folder anda Office2007,letak folder dan user_name anda pada saat pengisian from di halaman 4,....
oqay,...
good luck,....

0 5komentar:

Posting Komentar