Pages

April 14, 2011

Perintah Dasar Linux

Dunia Linux atau umumnya keluarga unix mempunyai perbedaan jauh di bandingkan dengan system operasi lain, misalnya Microsoft Windows. Dikarenakan terbiasa dengan windows maka akan sangat sulit jika harus langsung berhadapan dengan linux. Secara teoritis sebelum menggunakan linux hal dasar yang harus di ketahui ialah istilah-istilah yang ada di Linux. Shell salah satu istilah yang umum diperbincangkan tapi banyak juga yang sampai detik ini belum mempunyai gambaran jelas, padahal shell ialah tempat konfigurasi dan menjalankan / mengoperasikan Linux.

Shell secara singkat seperti MS Dos milik Microsoft. Memang benar bahwa dibutuhkan hafalan-hafalan perintah jika ingin melakukan sesuatu. Contohnya proses copy file, jika ingin mengcopy file maka perlu mengetikkan perintah tertentu dan mungkin anda berfikir terlalu lama. Jika dibandingkan dengan window manager seperti KDE anda hanya dengan memainkan mouse saja.

Perintah pada shell sebenarnya sangat mudah. Semua daftar perintah mudah dihafal. Contohnya ls berasal dari kata list, cp berasal dari kata copy. Namun untuk melihat argument (atribut) yang lengkap dapat anda ketikkan :

$ man nama_perintah
contoh:
$ man cp

Untuk keluar dari man ketik q
Untuk mengetahui lebih jelas dan banyak mengenai perintah dasar shell langsung aja donlot disini,..
1. A-Z Bash Command Line For Linux
2. Command Line For Linux

0 5komentar:

Posting Komentar